ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 19 Januari 2019 | 12 Jumadil Awwal 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
NASIONAL

Lembaga Kemanusiaan Meminta Pemerintah dan BNPB Buat Kordinasi Satu Arah

22 October 2018 14:19:17
Lembaga Kemanusiaan Meminta Pemerintah dan BNPB Buat Kordinasi Satu Arah

ChanelMuslim.com - Beberapa waktu lalu pemerintah sempat menolak beberapa relawan dan bantuan asing yang sudah mendarat di Indonesia. SEAHUM (South East Asia Humanitarian Committee) sebagai Komite Kemanusiaan Asia Tenggara melakukan diskusi bersama sejumlah lembaga kemanusiaan di Resto Bumbu Desa, Rabu (17/10/2018).\

Dalam diskusi tersebut akhirnya menghasilkan beberapa keputusan. Diantaranya adalah meminta pemerintah melakukan kordinasi satu arah dalam perizinan lembaga kemanusiaan asing masuk ke Indonesia.

"Ada banyak kasus lembaga kemanusiaan maupun relawan asing dipersulit datang ke Indonesia. Mereka ada yang diminta izin ke Kemenlu, ada pula yang ke BNPB. Ditambah lagi mereka harus menyiapkan beberapa surat permohonan tinggal selama menjadi relawan di Indonesia,"katanya.

Hal demikian, kata Amin, sama saja aja mempersulit mereka yang ingin membantu. Ia sadar maksud pemerintah untuk melindungi negara dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau menyalahgunakan status relawan.

"Saya pernah bertemu seorang turis yang tadinya ingin berlibur Lombok, tapi ketika mendengar ada bencana ia ingin membantu,"katanya.

Baca juga : Jelang Wukuf di Arafah, Ini Pesan Menag

Namun, untuk bencana, menurut Amin dan para perwakilan lembaga kemanusiaan sebaiknya tidak seketat itu. Dalam diskusi itu menyarankan agar pemerintah melakukan kordinasi satu arah. 

"Misal soal perizinan di Posko Pusat BNPB di tempat-tempat bencana. Mereka yang datang cukup melapor dan didata berapa lama berada di bencana,"katanya.

Kedua, meminta pemerintah dan BNPB membuat kordinasi satu arah dalam pengelolaan bencana.

"Jangan sampai Lembaga Kemanusiaan, pemerintah, BNPB tidak merata dalam penanganan bantuan di wilayah bencana. Hal ini terjadi di Palu, apalagi saat itu wilayah palu terisolir dan ini menjadi masalah,"katanya.

Baca juga : Masyarakat Sumut Kembali Berbagi Kebahagiaan untuk Palestina

Hal ini juga diungkapkan oleh Ari perwakilan dari Forum Zakat (FOZ). Menurutnya, lembaga kemanusiaan yang berada di dalam FOZ sudah melakukan kordinasi satu arah.

"Ada 47 lembaga kemanusiaan yang berada di dalam FOZ. Ketika terjadi bencana kami saling berkordinasi dan memusatkan tempat logistik bantuan,"kata perempuan berjilbab ini.

Dengan cara ini, kata Ari, logistik bantuan ke daerah bencana akan merata. Dan ini seharusnya bisa ditiru oleh pemerintah dan BNPB

"Kami sangat mengharapkan dari pemerintah adanya kordinasi seperti ini,"pungkasnya. (Ilham).

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIONAL
07 February 2018 14:52:04

Ketua MK: Pengaturan Pidana LGBT Harus Diakomodasi

dompet dhuafa, zakat di kita aja, zakat dhompet dhuafa, berawal dari zakat, ayo zakat, zakat penghasilan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284