ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 18 November 2018 | 9 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
KHAZANAH

Meneropong Phobia Islam di Bulgaria

09 July 2018 07:24:41 Meneropong Phobia Islam di Bulgaria

ChanelMuslim.com - Bila ingat pemain sepakbola Hristo Stoichkov, pastilah ingat negara ini. Ya, beliau adalah salah satu legenda pesepakbola yang terkenal kejeniusannya dalam mengolah si kulit bundar. Tinggal di negara eropa, Bulgaria. Tapi kita tidak akan berbicara mengenai pemain sepakbola ini tetapi Islam di Bulgaria.

Islam di Bulgaria mulai masuk ketika Kekaisaran Bulgaria mulai runtuh 1396 / 1422 H. Kemudian menjadi wilayah di bawah kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah selama lima abad. 

Penaklukan Bulgaria sebetulnya dimulai saat Sultan Sultan Murat merebut kota Bizantium di Adrianople - sekarang Edirne di Turki Eropa. Itulah yang membuka jalan menuju penaklukan Bulgaria dan daerah-daerah lain.

Pada tahun 1363, Plovdiv-Philipopolis kuno, kota terkaya di Thrace Bulgaria-menyerah setelah pengepungan yang panjang. Jatuhnya ibukota Bulgaria abad pertengahan di Veliko Turnovo pada tahun 1393 menandai jatuhnya sebuah kerajaan yang kekuatannya pernah menyaingi Bizantium.

Dengan ditaklukannya ibukota Bulgaria itu membuat umat Muslim berbondong-bondon masuk ke Bulgaria. Secara meyeluruh Islam mulai mengusai Bulgaria pada tahun 1396. Segera masjid Eski Jamiya langsung dibangun sebagai penanda Islam sudah mengusai kawasan itu.

Baca juga : Iblis Senang Saat Suami Istri Berpisah

Selama lima abad, islam berkembang di Bulgaria hingga Ottoman kalah dalam perang dengan Rusia antara tahun 1877-1878. Migrasi orang-orang Turki pada abad ke 14 telah menjadikan Sofia kota yang beragam budaya. Kuliner khas orang Turki seperti kebab dan kuskus banyak dijual direstoran halal di Sofia. Situasi berbeda di negara Eropa Timur lainnya seperti Rumania dan Hungaria, yang mana makanan halal memang sulit ditemukan. Penduduk Muslim di Bulgaria melebihi 7 juta orang sekitar 15 persen dari keseluruhan populasi. 

Hal ini ditegaskan oleh Bunyan Saptomo, Duta Besar Bulgaria. Menurutnya jika dilihat dari data pemerintah Bulgaria. Islam di Bulgaria meningkat secara signifikan. Semenjak komunis sudah tidak menjadi agama bagi mereka. Apalagi, kata dia, sekarang kebebasan beragama semakin baik.

"Dulu zaman komunis semuanya dilarang, masjid disegel, apalagi sholat," katanya saat dihubungi ChanelMuslim.com, Senin (9/7/2018).

Namun, semenjak runtuhnya komunis di Eropa sampai Bulgaria kebebasan beragama semakin baik. 

Baca juga : Suriah (Syams), Pasukan Islam Terbaik dan Perang Akhir Zaman

 "Meskipun ada sisa-sisa sikap masa lalu kelompok yang anti islam, itu adalah hal wajar. Yang penting umat islam bisa mendapatkan hak-haknya sesuai aturan yang berlaku,"katanya. (Ilham)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
11 August 2017 21:43:37

Profesi Istri-Istri Rasulullah (2)

 
ADVERTORIAL
18 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
KHAZANAH
22 November 2017 11:43:28

Inilah Bingkai Keluarga Muslim

 
KHAZANAH
08 August 2017 08:26:11

Hikmah Islam Melarang Pelihara Anjing dalam Rumah

 
KHAZANAH
28 September 2018 10:23:05

Ulama Suu dan Musibah Besar Umat Islam

 
KHAZANAH
14 December 2017 08:13:41

Antara Khilafiyah, Furuiyah, Sunnah, dan Bid'ah


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
Almatour Haji dan Umroh
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga