ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 22 Mei 2019 | 17 Ramadhan 1440 H
Login | Register

 
Jangann Takut Berzakat Karena Zakatmu Sangat Bermanfaat Tunaikan Zakat

Jangann Takut Berzakat Karena Zakatmu Sangat Bermanfaat Tunaikan Zakat

 
 
 
 
KHAZANAH

Kisah Seorang Ibu Muda, Buat Bisnis Terinspirasi dari Kedua Anaknya

21 November 2017 20:31:02
Kisah Seorang Ibu Muda, Buat Bisnis Terinspirasi dari Kedua Anaknya
Vivi dengan jilbab kuning

ChanelMuslim.com -  Beberapa bulan lalu, seorang Ibu muda bbertemu dengan ChanelMuslim.com. Ia mengisahkan bagaimana mendirikan Cassava. Tak pernah menyangka, Putri Novitasari atau biasa dipanggi vivi akan menjadi social entrepreneur. Menurut perempuan yang pernah bekerja sebagai konsultan interior ini, tadinya hanya sekedar kegiatan sosial bersama suami. Namun, kedua anaknya membuka matanya untuk membuka lini bisnis yang bergerak di sosial.

"Saya tergerak karena dari doa anak saya. Anak saya itu ternyata punya kemampuan yang saya tidak ketahui. Dari situ membuat saya terbuka matanya untuk memulai kegiatan sosial," kata perempuan berkacamata ini.

Ia mengaku kedua anaknya menginspirasinya. Anak pertama Vivi bernama Safira masih SMA. Sedangkan yang kedua bernama Fauzan. 

"Kalo yang wanita ini suka menari, balet tapi saya belum terinspirasi untuk membuat kegiatan sosial. Hanya saja, tiap ultahnya saya suka mengundang anak yatim," katanya.

Hingga suatu hari, kata Vivi, anak keduanya ingin melukis. Vivi bertanya kepada anaknya mengapa ingin melukis. 

"Adik ingin melukis seperti kakak dan ingin tahu bagaimana sih melukis diatas kanfas bukan kertas," kata Vivi.

Vivi mengungkapkan anaknya Safira bukan pelukis tetapi kalau menggambar sangat bagus. Adiknya suka melihat bagaimana mewarnai, melukis.

Hingga pada saat Fauzan kelas 2 SD, Vivi mencari seniman yang bisa mengajar anaknya melukis. Hingga bertemulah ia dengan Susilo.

"Bang Yos panggilannya. Itu nyentrik banget tapi cara melatihnya bagus, dalam artian dia disiplin, anak saya enggak takut malah ketawa-tawa. Pada saat itu baru pertama, melihat  hasilnya saja saya kagum," kata Ibu muda berjibab kuning ini. 

"Saya senang mengajar Fauzan, dia itu polos. Saya marahin, saya arahkan tapi itu dia semangat," tutur Vivi mengutarakan apa yang pernah disampaikan Bang Yos mengenai anaknya.

Perempuan beranak dua ini menambahkan bahwa Fauzan membuat Bang Yos terkagum kagum. Hingga diajak gurunya  untuk mengikutian pameran di Living World.

"Waktu itu dia sudah kelas 3 SD. Dari belajar dengan Bang Yos menghasilkan 40 lukisan. Dipameran lukisannya ditawar orang," kata Vivi.

Saat lukisan Fauzan dibeli Vivi sangat senang karena bisa menghasilkan uang ketika anak seumurnya masih sekolah.

"Ditawar orang sampai lima lukisan. Minimal orang yang beli dari 3 juta sampai 5 juta. Gurunya bilang saya tidak pernah menghargai lukisan anak dibawah harga 3.5 juta karena itu seni, dan belum tentu dia bisa melukis lagi seperti itu," kata Vivi kepada ChanelMuslim.com

Dari kata kata Bang Yos, Vivi mengambil kesimpulan bahwa guru Fauzan mengajarkan bahwa seni itu tidak murah. Setelah pulang dari pameran, Vivi bertanya kepada anaknya.

“Mas ini untuk tabungan? Ya Ma, Alhamdulillah nanti buat beli mainan, jawabnya."

Kemudia Fauzan nanya balik ke Vivi.

"Mama cita citanya ingin apa? Lalu saya menjawab. Mama pengen punya tanah berhekta hektar untuk bangun rumah," jawab Vivi.

"Maksudnya rumah kita? Bukan untuk rumah anak yatim. O ya, nanti uang itu tambahannya untuk mama tanah hektar, nanti kan sekian buat berapa ember. Pikiran dia, beli tanah seember," ujar perempuan ini dengan mata berkaca-kaca.

Dari sanalah, kata Vivi, itu menjadi sebuah doa dan membuatnya bergerak untuk membuat Cassava.

"Sama dengan Safira yang ingin mengajar seni untuk anak yatim. Mungkin Alloh menggerakkan dari keduanya," kata Vivi.

Permulaan Cassafa

Pada tahun 2009, Vivi keluar dari konsultan interior dan dan membuat Cassafa.

"Ca itu Cahyo, Sa itu Safira, dan Fa itu Fauzan. Awal itu pembukaan di Bintaro depan CIMB. Saat itu masih 5-6 orang anak yatim," kata Vivi.

Hingga pada tahun 2010,  Vivi membuka lini UKM untuk anak yatim binaannya. 

"Akhirnya saya bawa kreasi mereka pameran UKM di singapore. Memang gak banyak tapi pintu pembuka rezeki anak anak yatim. 2011 saya di malaysia, itu independen tanpa bantuan. Disana saya banyak kenal teman teman satu profesi," kata Vivi.

Teguran dari Alloh

Pada tahun 2012 menuju 2013, kegiatan Vivi semakin padat. Baik sebagai istri dan pebisnis. Tanpa diduga ia jatuh sakit. 

"Saya diberikan ilmu luar biasa dari Alloh, mungkin Alloh gak mau  saya sebagai superwoman, saya sakit," kata Vivi.

Saat dimasa jayanya itu, Vivi mengaku senang dengan pekerjaannya karena mampu membantu yatim piatu. Namun, tanpa diduganya ia mengalami sakit di saluran ginjal.

"Disitu saya gak boleh apa apa. Otomatis operasional drop drastis di cassafa. Lalu saya akhirnya mendengarkan dokter karena saya operasi untuk membersihkan saluran ginjal. Menurut dokter kurang minum," Vivi mengaku dengan mata berkaca-kaca.

"Menurut saya itu kegiatan baik. Mungkin, Alloh cemburu dengan kegiatan saya. Dulu saya rajin tahajud. Namun, saya tidak mengerjakan itu semenjak sibuk mengurus anak yatim," tambahnya.

Vivi akhirnya sadar memohon ampun kepada Alloh. Selain itu, ia bingung karena anak anak yatim yang menjadi tanggungannya akhirnya terhenti dukungannya.

"Saya pengen sembuh. saya keluar dari rumah sakit. Di hari ketiga, saya duduk dimeja merenung. Saya tahu saya salah. Saya ikhlas tapi saya ingin beraktifitas kembali, saya suka kegiatan yang saya jalanin. Akhirnya saya bersyukur karena Alloh lebih tahu posisi saya," kata Ibu dua anak ini.

Hingga suatu hari ia meminta izin kepada suami dan anak anaknya untuk mendekatkan diri kepada Alloh selama tiga hari. 

"Jika melihat saya baca quran atau sedang beribadah jangan tanya saya dulu. Seperti, nanya barang ada di mana. Sudah masak atau belum," tambah Viviv

Alhamdulillah enggak sampai tiga hari, kata Vivi, kawan saya tiba tiba menghubungi saya.

"Mbak ViVI kita ketemu yuk, saya lagi di Indonesia," Ujar Vivi mengutarakan apa yang disampaikan kawannya.

Memang pekerjaannya kawannya, kata Vivi, sering keluar negeri. Kawannya itu bernama Tatik. Namun, ketika Vivi bercerita ia sakit. Tatik tidak percaya sampai ia harus mengirim gambar obatnya ke dia.

Ketika Tatik datang, Vivi memberitahu kepadanya bahwa ia harus minum obat hingga 12 tablet per sekali minum. Kawannya itu lalu mengeluarkan plastik yang didalamnya seperti gula.

“Dek coba minum ini,” kata dia

"Percaya gak, 30 menit setelah itu biasanya perut saya sakit. Ternyata berkurang sakitnya. Saya akhirnya nanya, ini apa? Ini kandungannya gula dan garam. Oo oralit dibekukan celetuk saya. Ini dari malaysia kata dia. Teman saya kan punya sakit macam macam, cuman minum ini kata dia," tutur Vivi.

Setelah itu, Vivi dipertemukan dengan ilmuwan obat yang berada di Malaysia.

"Saya diajak ke labnya, akhirnya kami silaturrahim dan beliau ingin bekerja sama untuk membantu anak yatim," kata Vivi.

Sebelumnya, lanjut Vivi, ia pernah membuat  rumah sehat cassafa. Dengan bekerja sama dengan malaysia tentunya namanya ikut berubah menjadiRumah Sehat Nusantara.

"Akhirnya dengan kerja sama itu keuangan Cassafa membaik," tutur Vivi.

2014,  Vivi melanjutkan ceritanya. Ia dipercaya BNI syariah untuk mempromosikan UKM (Usaha Kecil Menengah).

"Awalnya saya membantu sekolah untuk studi ke luar negeri sampai 2015. Selain produk anak yatim juga produk ukm, yaitu fashion muslim," katanya

Akhirnya, kata Vivi, nama Cassafa berubah menjadi Cassava.

"Cassafa itu artinya singkong. Singkong kan merambat, berjamaah, dan kuat. Kalo diproduksi bisa jadi apa saja. Dari situ go publik," kata Vivi.

Dengan diganti nama Cassafa menjadi Cassava. Vivi berharap bisnisnya makin besar dan bisa mengajak orang untuk bersedekah.

"Dengan nama baru, Vivi sudah membuka dua lini bisnis yaitu, Cassava Social Entrepreneur dan Cassava Community. Hari ini saya membuka divisi baru, namanya Cassafa Promosion. Dengan banyaknya lini itu saya berharap bisa bisnisnya makin besar dan mengajak orang lebih banyak untuk bersedekah," tutur Vivi. (Ilham)

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
08 June 2018 21:32:51

Alquran Menjawab Tantangan Musuh-musuh Islam

 
KHAZANAH
04 July 2018 21:46:11

Para Ulama dan Kebijakan Penguasa yang Merugikan

 
KHAZANAH
09 July 2018 07:24:41

Meneropong Phobia Islam di Bulgaria

 
KHAZANAH
06 August 2017 20:56:35

Inilah Rahasia Ibadah Haji


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284