ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 16 November 2018 | 7 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
KHAZANAH

Islam dan Rusia

04 July 2018 23:29:15 Islam dan Rusia

ChanelMuslim.com - Duta Besar Rusia H.E Mrs. Lyudmila Georgievna Vorobieva mengakui bahwa Islam sudah masuk ke Rusia sebelum negara itu berdiri.

"Sejak abad ke-8 sebetulnya Islam sudah masuk ke Rusia. Lalu berkembang hingga abad ke-16," katanya di kantor Centre for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDCC), Selasa (3/7/2018).

Pengakuan Lyudmila memang benar adanya dan sesuai fakta sejarah yang ada. Milla menambahkan bahwa Islam merupakan agama tradisional yang berada di Rusia. 

Namun, ada yang berpendapat bahwa masuknya Islam di Rusia sejak zaman Umat bin Khattab denga perantara sahabat Hudzaifaf bin Yaman. Ia ditugaskan menyebarkan dakwah di Azerbaijan dan Armenia, terus berjuang menyebarkan Islam hingga mencapai wilayah Dailam, Tibristan, dan Afganistan.

Ia semakin semangat karena melihat Islam dapat diterima di wilayah tersebut. Ia pun melebarkan sayap hingga ke wilayah Kaspia.  Pada tahun 115 H, salah seorang dai di wilayah tersebut yang bernama Rabi’ bin Maslamahberhasil membangun masjid di daerah tersebut. Tentu saja pembangunan masjid adalah strategi yang jitu untuk mempertahankan Islam di wilayah baru ini.

Baca juga : Inilah Penjelasan tentang Niat Puasa dan Ibadah Lain

Barulah pada masa Daulah Umayyah Islam semakin luas. Pada masa pemerintahan Amirul Mukminin Muawiyah bin Abi Sufyan, sahabat al-Hakam bin Amr al-Ghifari melintasi Sungai Jaihun dan masuk menguasai Uzbekistan pada tahun 50 H/67 M. Kemudian di masa berikutnya ada Said bin Utsman yang menginjakkan kakinya di Samarkan, lalu Musa bin Abdullah bin Khozim menaklukkan negeri Imam Tirmidzi, negeri Tirmidz pada tahun 70 H/689 M, kemudian Qutaibah bin Muslim menembus negeri-negeri Timur hingga sampai di Cina, Turkistan, Turkmenistan, Tajikistan, dan Kyrgistan. Dengan kedatangan umat Islam ini, orang-orang pun berbondong-bondong memeluk Islam tanpa paksaan dan tekanan sedikit pun.

Era baru masuknya Islam di Rusia dipelopori oleh seseorang yang bernama Ahmad bin Fadhlan, salah seorang utusan Daulah Abasiyah. Faktor terbesar yang membuat Islam rata menyebar dari wilayah Cina hingga Laut Kaspia di masa ini adalah faktor penduduk lokal yang telah memeluk Islam. Anak-anak pribumi (wilayah Asia Teengah) mendakwahi saudara-saudara mereka yang masih menyembah patung dengan perantara perdagangan. 

Kisah Ahmad bin Fadhlan ini sempat difilmkan dalam judul 13 Warrior oleh Amerika. Walaupun memang tidak seperti apa yang dikisahkan sebenarnya. Namun, cukup menggambarkan Ahmad bin Fadhlan.Ia mendatangi para penguasa Balkan, dan mengenalkan Islam kepada mereka. Di antara buah dakwahnya yang paling signifikan adalah masuknya Islam ke wilayah Kazan. Ahmad bin Fadhlan juga tidak lupa mencatat perjalan dakwahnya ke negeri-negeri Rusia ini, dan tulisannya dijadikan rujukan utama para sejarawan untuk mempelajari masa-masa tersebut.

Jadi bisa dikatakan bahwa Islam sudah menjadi bagian dari Rusia secara keseluruhan. Apalagi menurut Lyudmilla, sejak dari dulu umat Islam tidak masalah menjalankan agamanya di Rusia. Apalagi sekarang Islam menjadi agama terbesar kedua di Rusia.

Baca juga : Ketika Abdurrahman bin Auf Bersedekah Berbagai Barang yang Dibawa 700 Unta

"Muslim dan Kristiani hidup Harmoni dan saling berinteraksi antar perbedaan agama," ujar Lyudmila saat menjadi pembicara dalam diskusi bertema "Rusia di Pusaran Dunia".

Dien Syamsyudin Ketua CDCC juga membenarkan bahwa Islam memang sudah menjadi bagian kehidupan rakyat Rusia secara keseluruhan. 

"Jumlahnya banyak sekitar 20 bahkan sampai 25 juta,  nyaris seperempat dari jumlah penduduk Federasi Rusia. Dan umat Islam di sana bukan penduduk asli dan lebih spesifik lagi ada beberapa republik atau bagian yang mayoritasnya penduduk Islam. Salah satunya adalah republik terbesar adalah Tatarsan," katanya.

Apalagi Muhammad Salamah, spesialis Asia Tengah dan negara persemakmuran Rusia dalam seminar di Markas Kebudayaan Abdul Mun'im Al Showi di Kairo dengan tema, "Negeri Imam Bukhari dan Kekayaan yang Terpendam di dalamnya" mengatakan, puluhan pengkaji akademisi di Rusia telah menyimpulkan, berdasarkan perkembangan yang terlihat dari negara-negara muslim pecahan Uni Soviet ini, maka pada tahun 2050 nanti negara Rusia diprediksikan akan menjadi bagian dari negara Islam.

Perkembangan itu secara signifikan terjadi di Rusia, dari segi populasi misalnya, jumlah muslim di Rusia kini mencapai 25 juta jiwa, yaitu 20% dari jumlah total penduduk. Para cendikiawan gereja Ortodox yang berada di negeri itu pun dikabarkan merasa khawatir, melihat perkembangan Islam yang begitu pesat, mereka bahkan menyebut Islam sebagai agama yang mengancam esksistensi agama mereka di sana.

Din Syamsudin mengakui kemungkinan pendapat tersebut. Namun, baginya itu tidak penting. 

"Tapi bagi saya tidak begitu penting besar atau tidak secara kuantitatif, yang penting dari kualitatif," kata Din.

Ia juga mengaku sudah dua kali berkunjung ke Ibu Kota Tatarstan, Kazan. Selain di Tatarstan, menurut dia, masih banyak negara bagian di Rusia yang mempunyai otonomi khusus Islam karena penduduknya mayoritas Islam.

"Maka di semua negara bagian itu yang mayoritas muslim itu, termasuk federasi Rusia itu ada muftinya, baik federal maupun masing-masing negara bagian. Kebetulan saya sering ketemu dengan mufti Rusia maupun mufti dari negara bagian tadi itu," kata Din.

Bahkan, Presiden Rusia Vladimir Putin telah meresmikan Masjid Agung Moskow pada 2015 silam. Masjid yang terletak di dekat stadion Olympic ini mampu menampung 10 ribu jamaah dan menjadi masjid terbesar di daratan Eropa.

Uniknya, kata Din, nama masjid tersebut adalah katedral. 

"Jadi kalau kita disini menganggap bahwa katedral itu adalah Gereja. Berbeda kalau di sana, itu masjid," ujarnya sambil bergelak tawa.

Diketahui, Masjid Katedral Moskow adalah masjid utama di Rusia. Dibangun tahun 1904 sesuai rancangan arsitek Nikolay Zhukov dan sekarang menjalani pembangunan ulang. Masjid ini juga dijuluki "Masjid Tatar" karena didominasi oleh arsitektur Tatar.  (Ilham)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
26 June 2018 21:04:04

Tolak Uangnya dan Tolak Orangnya

 
ADVERTORIAL
16 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
KHAZANAH
23 October 2018 11:35:43

Tak Perlu Hari Santri Jika Kalimat Tauhid Dilecehkan

 
KHAZANAH
20 September 2018 11:49:27

Muhasabah Kematian di Amazing Muharram

 
KHAZANAH
23 July 2018 21:21:11

Empat Kunci Kebahagiaan


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
Almatour Haji dan Umroh
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga