ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 22 Mei 2019 | 17 Ramadhan 1440 H
Login | Register

 
Jangann Takut Berzakat Karena Zakatmu Sangat Bermanfaat Tunaikan Zakat

Jangann Takut Berzakat Karena Zakatmu Sangat Bermanfaat Tunaikan Zakat

 
 
 
 
KHAZANAH

Inilah Profesi Istri-Istri Rasulullah (1)

09 August 2017 21:26:21
Inilah Profesi Istri-Istri Rasulullah (1)

ChanelMuslim.com – Pernahkah terpikir apa profesi istri-istri Rasulullah? Apakah kita hanya menyangka mereka adalah para istri yang hanya menunggu di rumah, mengurusi rumah dan anak? Lalu bukankah kita mengenal ibunda Aisyah sebagai periwayat hadits yang mengajar para sahabat, ibunda khadijah sebagai seorang saudagar/pedagang yang sukses, dan istri Rasulullah lainnya pun memiliki profesi yang patut menjadi teladan.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa ummahatul mukminin adalah teladan tertinggi bagi setiap muslimah. Termasuk bagian yang harus diteladani adalah tentang aktivitas bagi wanita. Apalagi saat ini semakin tidak jelas perbedaan antara laki-laki dan perempuan.

Ingatlah dalam Islam bahwa laki-laki tidak sama dengan perempuan. Ada wilayah yang sama, namun ada yang berbeda. Ustadz Budi Ashari, Lc menyebutkan musibah peradaban saat ini adalah saat melahirkan generasai “tanpa corak”. Generasi yang bingung dimulai dari orangtua yang bingung dengan perannya. Hingga “corak” yang anak miliki entah dari mana datangnya. Saat kedua orangtua meninggalkan rumah, siapa yang mendidik anak-anak di kesehariannya?

Dalam Surat AL Ahzab ayat 33 teks menyatakan, ”Menetaplah kalian di rumah-rumah kalian!” Ini perintah Allah. Inilah pondasi dasar. Bukan berarti harus selalu dikurung dalam rumahnya. Bukan bermakna perempuan tidak boleh memiliki keterampilan, tidak boleh punya lifeskill.

Mari kita lihat bagaimana profesi para ummahatul mukminin istri para Rasulullah.

Pertama, mari kita bahas ibunda kita, Zainab binti Zahsy. Imam Adz-Dzahabi (2015:249) menyebutnya, “… salah seorang pemimpin wanita di bidang agama, (memiliki) sifat wara’, kemurahan hati, dan kebajikan.”

Ibunda ‘Aisyah, meski sering cemburu pada Ibunda Zainab dan terjadi persaingan antara keduanya, namun tetap adil memuji. Al Mishri (2015:260) mengungkap apa yang disampaikan Ibunda ‘Aisyah, “Di antara istri-istri Nabi, dialah (Zainab) yang menyamai kedudukanku (di mata Rasulullah), hingga Allah menjaganya dengan sifat wara’.”

Zainab tidak memiliki harta atau perhiasan sedikit pun. Ia adalah sosok yang bekerja dengan keterampilan kedua tangannya. Ia menyamak dan melubangi kulit, setelah itu ia jual dan ia sedekahkan hasilnya di jalan Allah. Hal ini mengisyaratkan kemuliaan Zainab di sisi Allah doanya mustajab.

Ketika memahami ayat perintah menetaplah kalian di rumah kalian. Bukan berarti perempuan tidak boleh punya penghasilan. Zainab bisa menyamak kulit, untuk perkakas, tempat minum, bejana, dll. Zainab juga punya juga kemampuan menenun. Kemudian bershadaqah dari hasil pekerjaannya itu. Dalam sebuah riwayat disebutkan juga bisa jualan minyak wangi. Ini menunjukkan mereka punya banyak aktivitas. Tapi mereka faham betul bahwa tugas mereka adalah mengurus rumah tangga, mengurus Rasulullah.”(bersambung)

sumber: parentingnabawiyah.com

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
23 November 2017 16:22:59

Inilah Bingkai Keluarga Muslim (2)

 
 
KHAZANAH
23 September 2018 14:04:38

Cara Mendeteksi Pasangan Non Muhrim ala Hotel Sofyan

 
KHAZANAH
11 August 2017 21:43:37

Profesi Istri-Istri Rasulullah (2)

 
KHAZANAH
21 September 2017 07:03:34

Dua Makna Hijrah


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284