ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 25 Agustus 2019 | 24 Zulhijjah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Berziarah Ke Kota Nabi, Madinah

11 July 2019 08:18:34
ziarah,madinah,kota,nabi
Maya Agustiana

ChanelMuslim.com - Madinah al-Munawwarah atau "kota yang bercahaya" adalah sebuah kota di Hejaz yang menjadi tujuan hijrah Nabi Muhammad dari Mekkah, Di kota ini terdapat Masjid Nabawi ("Masjid Nabi"), tempat dimakamkannya Nabi Muhammad, dan kota ini juga merupakan kota paling suci kedua di dalam agama Islam setelah Mekkah.

Madīnah secara umum berarti "kota". Sebelum kedatangan Islam, kota ini dikenal dengan nama Yathrib. Kata Yathrib ada di dalam Alquran Surah Al-Ahzab dalam. Madinah dikenal juga sebagai Thaibah. Sebuah nama alternatif lainnya yakni al-Madīnah an-Nabawīyah, “kota Nabi".

Madinah berjarak 210 mil (340 km) dari Mekkah dan sekitar 120 mil (190 km) dari garis pantai Laut Merah. Tempat ini mejadi tempat yang paling strategis di wilayah Hejaz, beberapa aliran sungai mengaliri kota ini. Setiap batas kota dikelilingi oleh bukit dan gunung

Kota lama Madinah sebenarnya berbentuk bulat telur, dikelilingi benteng-benteng yang kuat, sekitar 30 hingga 40 kaki (9,1 hingga 12,2 m) tingginya, tertanggal sejak abad ke-12 benteng tersebut dilengkapi menara. Benteng tersebut memiliki empat gerbang, yaitu Bab-al-Salam, atau gerbang Mesir, dikenal karena bentuknya yang indah. Disamping tembok kota, batas utara dan selatan dibatasi oleh perumahan, lahan kosong, kebun-kebun dan taman. Benteng tersebut dihancurkan pada masa kerajaan Saudi melakukan perkembangan dan perluasan Masjid Nabawi.

Setelah peristiwa hijrah, Madinah menjadi pusat berkembangannya agama Islam di bawah kepemimpinan Rasulullah saw. kemudian dilanjutkan oleh Khulafaur Rasyidin, Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Madinah juga tempat bagi tiga masjid tertua yang pernah dibangun, yaitu Masjid Quba, Masjid Nabawi dan Masjid Qiblatain ("masjid dua kiblat"). Seperti kota Mekkah, non-Muslim tidak diperkenankan memasuki wilayah suci Madinah.

Masjid Nabawi

Masjid Nabawi kini menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini menjadi tempat paling suci kedua dalam agama Islam, setelah Masjidil Haram di Mekkah dan di buka setiap hari.

Masjid ini dulunya rumah Rasulullah yang tinggalinya setelah Hijrah ke Madinah pada 622 M. Bangunan masjid di bangun tanpa atap. Masjid ini juga merupakan salah satu tempat yang disebutkan namanya dalam Alquran. Kemajuan masjid ini tidak lepas dari pengaruh kemajuan penguasa-penguasa Islam. Pada 1909, tempat ini menjadi tempat pertama di Jazirah Arab yang diterangi pencahayaan listrik. Masjid ini berada di bawah perlindungan dan pengawasan Penjaga Dua Tanah Suci. Masjid ini secara lokasi berada tepat di tengah-tengah kota Madinah, dengan beberapa hotel dan pasar-pasar yang mengelilinginya. Masjid ini menjadi tujuan utama para jamaah Haji ataupun Umrah. Beberapa jamaah mengunjungi makam Nabi Muhammad untuk menelusuri jejak kehidupannya di Madinah.

Setelah perluasan besar-besaran di bawah Kesultanan Umayyah al-Walid I, dibuat tempat di atas peristirahtan terakhir Nabi Muhammad beserta dua sahabatnya Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Salah satu fitur terkenal Masjid Nabawi adalah Kubah Hijau yang berada di tenggara masjid, dulunya merupakan rumah Aisyah, dimana kuburan Nabi Muhammad berada. Kubah yang ada saat ini dibangun pada 1818 oleh Sultan Utsmaniyah Mahmud II, dan di cat hijau pada 1837, sejak saat itulah kubah tersebut dikenal sebagai "Kubah Hijau".

Raudlah

Salah satu bagian Masjid Nabawi terkenal dengan sebutan Raudlah (taman surga). Doa-doa yang dipanjatkan dari Raudlah ini diyakini akan dikabulkan oleh Allah. Raudlah terletak di antara mimbar dengan makam (dahulu rumah) Rasulullah. Seperti sabda Nabi saw:

"Tempat yang terletak di antara rumahku dengan mimbarku merupakan suatu taman di antara taman-taman surga, sedang mimbarku itu terletak di atas kolamku. (HR. Bukhari)

Luas area ini hanya 144 meter persegi. Demi ketertiban ibadah, petugas mengatur supaya jamaah bergantian berdoa di Raudhah. Selain waktu berkunjung, pintu masuk bagi jamaah laki-laki dan perempuan pun berbeda.

Jamaah perempuan yang ingin masuk ke Raudhah melalui Pintu (Gate) 25. Sedangkan waktu kunjungnya terbagi tiga,  setelah shalat Subuh hingga menjelang Zuhur, lalu ba’da Zuhur hingga Ashar, kemudian ba’da shalat Isya hingga hampir tengah malam.

Jamaah perempuan masuk per kelompok. Jamaah Indonesia dikumpulkan dengan jamaah dari Malaysia, Filipina, dan Thailand. Askar yang memandu biasanya membawa papan bertuliskan "Kumpulan Berbahasa Melayu".

Sebaiknya jamaah yang hendak ke Raudhah datang pada saat sebelum Subuh atau Isya karena waktu kunjung lebih panjang. [Maya, Laporan perjalanan]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
ziarah
madinah
kota
nabi
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
19 June 2019 08:30:02

Father’s Day dalam Pandangan Islam

 
KHAZANAH
24 October 2018 22:07:07

Ketika Si Miskin Membiayai Orang Kaya

 
KHAZANAH
08 February 2018 19:45:07

Ukhti, Jangan Sakiti Saudaramu

 
KHAZANAH
07 July 2019 21:45:07

4 Karakter Kesalehan Seorang Muslim

 
KHAZANAH
23 October 2018 11:35:43

Tak Perlu Hari Santri Jika Kalimat Tauhid Dilecehkan

Muslim Life Festival
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284