ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 18 November 2018 | 9 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
KHAZANAH

Ayah Ibu, Anak Merupakan Investasi Amal Sepanjang Masa

09 April 2018 10:52:02 Pendidikan anak
Ilustrasi, foto: UCANews.

ChanelMuslim.com- Dalam sebuah hadis, dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Seseorang dinaikkan derajat surganya. Orang itu pun bertanya, ‘Bagaimana ini bisa terjadi?’ Disampaikan bahwa itu karena doa istigfar dari anaknya.” (HR. Ahmad)

Hampir semua yang ada di dunia ini bisa menjadi bekas. Rumah bisa menjadi bekas, mobil, dan semua harta yang dimiliki. Begitu pun dengan suami atau isteri, ia bisa menjadi bekas buat pasangannya. 

Namun, satu hal yang tidak bisa menjadi bekas dan akan terhubung selamanya, hingga di akhirat. Yaitu, anak. 

Dalam sebuah hadis, Rasulullah saw. pun mengabarkan bahwa anak merupakan buah amal orang tuanya yang akan menjadi investasi luar biasa untuk orang tua.

Utamakan investasi anak dari apa pun

Baca juga : Al Farabi Filsuf Muslim yang Melahirkan Karya Prinsip Dasar Musik

Harta yang paling berharga yang dimiliki seseorang adalah anaknya. Karena itu, investasi tentang anak harus menjadi prioritas dari hal lain. Bukan rumah, kendaraan, perhiasan dan lainnya. 

Karena apa pun yang dimiliki seseorang akan terputus atau terbatas. Bisa dibatasi oleh kepemilikan yang berpindah tangan, atau terpisah karena kematian. 

Namun, tidak demikian dengan anak. Ia akan melekat dalam diri seseorang. Tidak ada yang bisa memisahkan. Bahkan, akan tetap menjadi aset walaupun telah terpisah oleh kematian.

Jadikan anak sebagai investasi paling tinggi

Baca juga : Pendidikan Hafiz Musa Nan Menggetarkan Para Orang Tua

Anak yang bernilai investasi tinggi adalah yang terdidik dengan baik sehingga ia mengenal Tuhannya, Rasul, Alquran, Sunnah, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan agama.

Tarikan-tarikan lain dalam dunia materialistis kerap menggeser orientasi orang tua dalam mendidik anak. Mereka mengharapkan anak bisa mendapatkan manfaat sebatas materi. Sekolah yang tinggi, dapat pekerjaan yang menguntungkan, dan menguntungkan orang tua di saat pensiun.

Di sisi lain, dunia materialistis juga menawarkan fenomena bahwa anak yang sukses dalam dunia materi, pasti akan membahagiakan orang tua di saat tua.

Inilah jebakan yang membahayakan orang tua. Tidak cukup semua kesukesesan materi untuk siapa pun. Karena semakin banyak materi dimiliki, orang akan selalu merasa kurang. Hanya rasa syukur kepada Allah yang menjadikan seseorang tidak tergila-gila dengan materi.

Rasa syukur yang dimiliki seorang anak diperoleh dari pemahamannya yang baik tentang Allah swt. dan agamanya. Di situlah, ia akan memahami kewajiban penghormatan seorang anak terhadap orang tuanya. 

Pendidikan dan Keteladanan

Pemahaman yang baik seorang anak tentang agama tidak boleh berhenti hanya sebatas pengetahuan. Melainkan, nyata dalam tindakan keseharian. Karena agama bukan sekadar pengetahuan, melainkan perpaduan yang terus-menerus antara pengetahuan, perbuatan, dan pengorbanan.

Dalam hal ini, pemahaman anak tentang agama tercermin pula dalam sosok orang tua. Walaupun, dari segi pengetahuan teoritis, anak lebih di atas dari orang tua. 

Misalnya, seorang anak bisa belajar makna sabar dan syukur dari ayah atau ibunya. Ayah dan ibunya tak mengeluh dengan beban hidup, meski bergulir puluhan tahun. Penderitaan tidak menggoyahkan keduanya untuk senantiasa dekat dan berterima kasih dengan Allah swt. Itulah di antara makna sabar dan syukur yang bisa digali anak kepada orang tuanya. Pelajaran yang tidak ia temukan dalam buku dan hafalan. (mh)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
pendidikan anak
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
01 September 2018 07:16:24

Seribu Satu Keistimewaan Wanita di Balik Keterbatasannya

 
ADVERTORIAL
18 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
KHAZANAH
21 January 2018 17:45:53

Ketika Wanita Diingatkan untuk Tidak Mencela

 
KHAZANAH
21 June 2018 12:02:09

Pakaian Bulan Syawal itu Bernama Takwa

 
KHAZANAH
23 July 2018 17:33:19

Cara Cerdas Sukses Dunia Akhirat


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
Almatour Haji dan Umroh
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga