ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 20 Juni 2019 | 16 Syawwal 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Manfaat Konsumsi Air Kelapa Hijau bagi Kesehatan

10 December 2018 13:00:02
Manfaat kelapa hijau, manfaat kelapa hijau bagi kesehatan
Air Kelapa Hijau(Source: nuladhealhty)

ChanelMuslim.com - Selain dijadikan santan, manfaat dari kelapa adalah diminum air dan dimakan dagingnya saat kelapa masih muda. Bahkan air kelapa sangat diminati karena bisa jadi pelepas dahaga saat cuaca panas.

Tahukah bahwa Air kelapa mengandung gula dan elektrolit yang dapat menyegarkan secara alami. Tiap 30 ml air kelapa hanya mengandung 5,5 kalori dan 1,5 gram gula.

Membantu memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Tiap 30 ml air kelapa juga mengandung 60 mg kalium dan 5,5 mg natrium. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium dan fosfor.

Dilansir laman alodokter.com, berikut manfaat air kelapa bagi kesehatan:

1. Pengganti Cairan Tubuh

Menurut penelitian, manfaat air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh dengan cepat. Selain itu terbukti memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan air biasa atau minuman olahraga.

Air kelapa bersifat antioksidan, yang mampu mengatasi racun-racun dan zat radikal bebas yang masuk untuk merusak tubuh.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Ada kemungkinan manfaat air kelapa dapat menurunkan risiko penyakit jantung, karena dapat menurunkan tingkat kolesterol dan trigliserida. Namun, hal ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

3. Mencegah penumpukan kalsium, oksalat dan zat lainnya

Penelitian menunjukkan, kemungkinan manfaat air kepala dapat mencegah penumpukan kalsium, oksalat dan zat lain menjadi kristal, yang kemudian menjadi batu ginjal. Meski masih perlu dilakukan studi lanjutan terhadap hal tersebut.

Berapa Jumlah Konsumsi yang Tepat?

Bagi orang Indonesia, mengonsumsi air kelapa merupakan hal yang umum. Air kelapa dijual dengan rasa alami atau dicampur bahan-bahan lain. Lalu, berapa banyak sebaiknya mengonsumsi air kelapa?

Air kelapa sebagai minuman sehari-hari dapat dianggap sebagai jus buah. Sebaiknya konsumsi cukup sekitar satu gelas per hari. Meski tergolong sehat, satu hal yang perlu diingat adalah air kelapa tetap mengandung kalori.

Jika konsumsi air kelapa tiap hari sekitar 250 ml per hari, maka kita harus menghitung tambahan 45-60 kalori. Jika kemudian, kalori tambahan dari air kelapa itu tidak digunakan oleh tubuh, maka dapat meningkatkan berat badan sekitar 2 kg tiap tahun.

Perhatikan Kemungkinan Efek Samping

Wanita hamil di Indonesia kerap disarankan untuk mengonsumsi air kelapa karena dianggap bermanfaaat, meski belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah. Wanita hamil dan menyusui sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi air kelapa. Jika ragu, konsultasikan terlebih dulu kepada dokter.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa juga memiliki kemungkinan menurunkan tekanan darah, sekaligus meningkatkan efek obat tekanan darah tinggi.

Yang juga perlu diwaspadai adalah air kelapa mungkin mengganggu tekanan darah selama dan pascaoperasi. Sebaiknya hindari konsumsi air kelapa dua minggu sebelum jadwal operasi.

Bahkan kini kita bisa memperoleh manfaat air kelapa tidak hanya dari buah segar, tetapi juga dari air kelapa yang disajikan dalam kemasan.

Jangan lupa untuk membaca label pada kemasan sebelum membeli. Pastikan air kelapa dalam kemasan bebas pengawet dan pemanis buatan, agar tetap sehat dikonsumsi.

Sebaiknya hindari minum air kelapa berlebihan, pastikan jumlahnya sesuai kebutuhan tubuh. Bagi yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi air kelapa.

Ditinjau oleh : dr. Allert Noya

(jwt/alodokter)

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
manfaat kelapa hijau
manfaat kelapa hijau bagi kesehatan
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
27 December 2018 06:26:02

9 Manfaat Granola untuk Kesehatan

 
KESEHATAN
16 April 2018 14:13:55

Ada Apa dengan Miras Oplosan


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284