ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 19 Mei 2019 | 14 Ramadhan 1440 H
Login | Register

 
Jangann Takut Berzakat Karena Zakatmu Sangat Bermanfaat Tunaikan Zakat

Jangann Takut Berzakat Karena Zakatmu Sangat Bermanfaat Tunaikan Zakat

 
 
 
 
JENDELA HATI

Perlukah Memasukkan Anak ke Boarding School?

06 December 2018 12:26:17
Perlukah Memasukkan Anak ke Boarding School?
Foto: Fifi. P. Jubilea

ChanelMuslim.com – Perlukah memasukkan anak ke boarding school? Anak lelaki ya sedangkan anak perempuan tidak. Mengapa? Anak lelaki perlu hadapi hidup sebagai petarung dan pemenang. Di boarding, dia akan bertarung dengan selimut hangatnya Lalu melupakan masakan enak ibu, peluk manja ibu dan juga diri serta hatinya.

Belum lagi teman-teman dari berbagai daerah dan karakter. Dia belajar bermasyarakat, plus ustaz yang selalu bicara soal aturan dan disiplin boarding. Anak lelaki saya semuanya masuk pesantren. Bahkan yang ke-3 ketika SMP dan SMU di boarding school.

Anak perempuan memerlukan sosok ibu dan cara untuk begini begitu. Bangun tidur melayani suami, bikin teh, bebenah rumah dan lain-lain. Anak perempuan juga bonding dan melihat ibunya seperti apa. Rill role model at home bukan at pesantren.

Asalkan ibunya selalu mendampingi ketika di rumah. Jangan pagi sampai sore sekolah lalu ketika sampai rumah malah dijemput anak lelaki atau pacarnya untuk pergi ke mall. Jadi, begitu sampai di rumah, ibu menangkapnya. Saya tak habis pikir dengan orang tua yang menyerahkan anak gadisnya pada lelaki yang belum tentu akan menikahi anaknya tapi sudahlah saya malas berdebat.

Di JISc, kami belum buat boarding school girls untuk anak putri karena menjaga anak putri lebih sulit daripada anak putra. Anak putri rentan dari segi jiwa, pematangannya dan juga keamanannya. Andai kata jadi buat pun, sayanya harus nongkrongin 100 persen karena mereka harus punya role model sebagai anak perempuan yang ke depannya akan menjadi seperti apa.

Contoh terbaik anak perempuan adalah ibunya. Baiknya sang ibu yang menjadi ustazahnya. Ustazah dalam segala hal, seperti masak, bersih kamar, melayani ayah, ibadah, beres-beres rumah, berkebun, keuangan dan lain-lain.

Anak saya sendiri yang perempuan pesantren juga tapi tak lama hanya satu tahun. Selebihnya saya kawani ke mana-mana. Baru kemudian saya lepas dan kemungkinan besar sebelum menikah akan saya kawani lagi.

Anak perempuan butuh cerita dan ibu harus jadi tempat cerita. Bapak mengayomi sebelum diberikan pada suaminya kelak tempat dia bercerita dan mendapat pengayoman.

Di JISc hanya ada full day school untuk girls dari pagi hingga petang pukul 07.15 sampai 16.30 WIB. Saya harap ketika pulang segera ditangkap ayah-ibunya dan merasakan kehidupan berkeluarga yang dekat dengan ayah-ibunya.

Terus terang saya ragu buat boarding school girls. Walaupun permintaan amat sangat banyak karena hati kecil saya masih mengatakan, "Anak perempuan sebaiknya dekat dan sangat dekat dengan bundanya bukan dengan ustazahnya.”

Saya tidak mengatakan bahwa boarding school girls itu kurang baik. Hanya beda sudut pandang saja. Tapi sebaiknya anak perempuan dekat pada ibundanya dan keluarganya. Anak lelaki harus pergi merantau. Anak perempuan di rumah.

Tapi kenyataannya, anak saya, lelaki dan perempuan, semuanya merantau. Walaupun saya lebih suka anak perempuan saya dekat dengan saya. Tapi sebetulnya saya meyakini bahwa anak lelaki wajib masuk boarding school dan anak perempuan baiknya di full day school. Saran saya.

Allah berfirman, “Wahai Rabb kami, jadikanlah kami berdua (Nabi Ibrahim dan putranya Ismail) orang-orang yang berserah diri kepada-Mu dan jadikanlah pula keturunan kami sebagai orang-orang yang berserah diri kepada-Mu.” (QS.Al Baqarah: 128)

 

Website:

https://ChanelMuslim.com/jendelahati

http://www.jakartaislamicschool.com/principal-article

Facebook Fanpage:

https://www.facebook.com/jisc.jibbs.10

https://www.facebook.com/Jakarta.Islamic.Boys.Boarding.School

Instagram:

www.instagram.com/fifi.jubilea

Twitter:

https://twitter.com/JIScnJIBB

User profile picture

Mam Fifi

Pengasuh Rubrik Jendela Hati

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
JENDELA HATI
24 January 2019 13:11:09

Takliful Qulb

 
JENDELA HATI
12 September 2018 16:00:01

Giliran Sumbawa

 
JENDELA HATI
07 January 2019 17:00:02

Muktamar IMSA

 
JENDELA HATI
04 April 2019 11:03:07

Menjaga Orang Sakit

 
JENDELA HATI
22 November 2018 14:20:31

Tidak Adil


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284