ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 16 Juli 2019 | 13 Zulqaidah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
DUNIA

Mualaf Jerman Temukan Kedamaian Batin di Senegal

19 June 2019 20:27:29
Mualaf Jerman Temukan Kedamaian Batin di Senegal

ChanelMuslim.com - Dalam mencari kehidupan yang damai dan spiritual, seorang mualaf Jerman menemukan apa yang ia cari di negara Afrika Barat Senegal, menjauh dari kehidupan material, bertolak belakang dengan apa yang ia jalani di Jerman.

Björn Pachurka, seorang mualaf Jerman yang kini dikenal sebagai Hadim Ndiguel, telah berkeliling dunia untuk mencari kedamaian batin, sebelum tinggal di Senegal selama hampir 20 tahun.

Pachurka yang saat ini berusia 43 tahun menemukan kedamaian batin dan spiritual di Senegal, yang membuatnya melupakan tentang kenyamanan materi yang ia miliki di Jerman dan mengadopsi agama dan gaya hidup Muslim di negara Afrika Barat tersebut.

Dia adalah seorang teknisi energi matahari di Jerman, bersemangat tentang musik hip-hop dan kisah perjuangan masyarakat Afrika-Amerika untuk hak-hak sipil.

Dipengaruhi oleh kehidupan Malcolm X, Ndiguel memulai sebuah pencarian yang membawanya jauh dari tanah kelahirannya.

Ndiguel masuk Islam di Senegal sekitar 20 tahun yang lalu di mana ia bergabung dengan Mouride Brotherhood, katanya kepada Anadolu Agency.

Mouride Brotherhood adalah organisasi persaudaraan Muslim Sufi yang mendorong swadaya dan kerja keras. Ini sangat populer di Senegal dan Gambia dengan kantor pusat di kota Touba, Senegal, yang merupakan kota suci untuk ordo itu.

Ndiguel sendiri tumbuh sebagai seorang Kristen Protestan.

"Saya bagian dari generasi hip-hop. Saya suka musik reggae dan hip-hop. Begitulah saya mengenal orang Afrika-Amerika. Kemudian saya membaca kisah Malcolm X dan pertobatannya ke Islam. Setelah itu, saya memutuskan untuk pindah ke Afrika, "katanya kepada Anadolu Agency.

Ndiguel, yang pertama kali menetap di Mesir, menceritakan petualangannya dengan anggota religius Rastafarianisme, di mana almarhum Bob Marley juga menjadi anggotanya.

Dia kemudian mengejar pencariannya di beberapa negara Afrika Sub-Sahara, termasuk Zambia, Malawi dan akhirnya menetap di Senegal.

Di Senegal, Ndiguel diperkenalkan dengan tradisi sufi Mouridisme dan dipengaruhi oleh gaya hidup dan ajaran damai Sheikh Ahmadou Bamba (1853-1927), pendiri persaudaraan.

"Sheikh Ahmadou Bamba, pendiri kota Tuba, adalah pria yang luar biasa dan dia menunjukkan perlawanan damai dan tanpa kekerasan terhadap orang-orang Prancis di era kolonial," kata Ndiguel.

Selama petualangannya di jantung persaudaraan Sufi Senegal, Ndiguel bertemu dengan gerakan Baye Fall, yang mirip dengan Rastafarianisme.

Gerakan ini didirikan oleh Sheikh Ibrahima Fall - salah satu siswa pertama Sheikh Bamba.

Ajarannya berfokus pada kerja keras, kebaikan, dan membantu orang lain.

Ndiguel, yang menikah dengan seorang wanita Senegal, sekarang adalah ayah dari delapan anak dan tinggal bersama anggota Baye Fall di sebuah desa terpencil di negara Afrika Barat.

"Kami tinggal di desa kami sesuai dengan cara hidup kolektif dan kami melakukan semua pekerjaan yang diminta oleh Sheikh kami. Kehidupan kami sesuai dengan aturan ketat masyarakat. Di sini, kami bekerja keras untuk menemukan kedamaian batin," katanya.

Mouride, persaudaraan Sunni yang diikuti oleh mayoritas Muslim di Senegal, didirikan oleh ulama Muslim Senegal Sheikh Bamba (1853-1927) pada tahun 1887.

Bamba diasingkan ke Gabon dan Mauritania karena dia menentang - dengan retorika tanpa kekerasan - kegiatan kolonial dan misionaris Perancis di Senegal.

Meskipun tidak disetujui oleh Sheikh Bamba, Fall dan para pendukungnya menciptakan gerakan heterodox Baye Fall yang masih dipraktekkan saat ini di negara Afrika Barat.[ah/anadolu]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 

 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284