ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 23 Juli 2019 | 20 Zulqaidah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
BERITA

Masa Tunggu Haji Indonesia, Tercepat 10 Tahun

16 April 2019 07:30:02
Masa Tunggu Haji di Indonesia, Daftar Tunggu Haji Indonesia
Dirjen PHU Nizar Ali (Foto: Sugito)

ChanelMuslim.com - Kementerian Agama merilis dua daerah dengan masa tunggu keberangkatan haji paling cepat di Indonesia. Kedua daerah itu adalah Provinsi Gorontalo dan Bengkulu dengan masa tunggu 9-10 tahun.

Dirjen Penyelengaraan Haji dan Umrah, Kemenag, Nizar Ali mengatakan selain Bengkulu dan Gorontalo, masa tunggu haji di atas 10 tahun. Masa tunggu keberangkatan haji sejak mendaftar di masing-masing daerah berbeda-beda.

"Sebab kuota ini terkait dengan kuota yang diberikan kepada jemaah haji Indonesia kemudian dibagi ke kuota masing-masing provinsi," ujar Nizar Ali di ruangan kerjanya, Senin (15/04) dilansir laman kemenag.go.id.

Menurut Nizar, Indonesia mendapat kuota haji sebesar 221 ribu jemaah. Jumlah ini terdiri dari 204 jemaah haji reguler, dan 17ribu jemaha haji khusus.

"Kuota ini kemudian didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia. Lamanya antrian, tergantung pada perbandingan antara kuota dengan jumlah jemaah haji yang mendaftar," kata Nizar.

Nizar mengungkapkan saat ini masa tunggu haji paling panjang di Indonesia itu berada di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap),

"Provinsi Sulawesi Selatan yang mencapai 41 tahun. Kota Bekasi sudah 18 tahun dan daerah lainnya. Jadi kalau ada yang menginginkan masa tunggu haji itu satu tahun ya tidak mungkin," sambung Nizar.

Seiring lamanya masa antrian, Kementerian Agama terus melakukan sosialiasi gerakan berhaji selagi muda. Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah juga membuat film pendek yang berisi imbauan berhaji bagi kalangan muda dengan judul Berhaji di Masa Muda.

"Upaya ini untuk memberikan pengetahuan bahwa memang berhaji itu sangat memerlukan fisik yang luar bisa dan sebaiknya dilakukan di usia muda," sebutnya.

Nizar juga mengaku tidak bisa dipungkiri tahun ini saja jamaah haji yang berusia di atas 50 tahun mencapai 24 persen dari total kuota jemaah haji Indonesia. Usia di atas 60 tahun sekitar 18 persen dan belum lagi usia di atas 71 tahun ke atas lainnya.

"Alhamdulillah UU PHU sudah disetujui oleh DPR, artinya problem jemaah haji lanjut usia menjadi prioritas bagi pemerintah," tutup Nizar.

#KabarHaji2019. [jwt/kemenag]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
masa tunggu haji di indonesia
daftar tunggu haji indonesia
 
BERITA LAINNYA
 
 
BERITA
14 December 2017 14:42:13

Permohonan AILA Indonesia Ditolak MK

 
 
BERITA
21 October 2018 07:31:19

Wisata Cinta Yatim Bersama Almatour


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284