ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 21 Juli 2019 | 18 Zulqaidah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
BERITA

Kabar Terkini Banjir Samarinda, Akses Darat Masih Terendam Lumpur

17 June 2019 06:34:59
Banjir Samarinda, dompet dhuafa,
Kondisi Terkini Banjir Samarinda (Foto: Dompet Dhuafa)

ChanelMuslim.com - Awal Juni, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kabupaten Konawe Utara dan sekitarnya. Akibatnya 3 aliran sungai yakni Sungai Lalindu, Sungai Walasolo dan Sungai Wadambali, meluap. Sehingga membanjiri 6 kecamatan. Hingga hari ini, Jumat (14/6), ribuan rumah masih tampak terendam banjir.

Tim respon Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, Maizar Helmi, menyebutkan ada 6 kecamatan terdampak parah banjir akibat meluapnya air sungai, yaitu Kecamatan Andowia, Kecamatan Asera, Kecamatan Landawe, Kecamatan Langgikima, Kecamatan Oheo, dan Kecamatan Wiwirano.

“Kecamatan Langgikima, Oheo, dan Wiwirano sampai saat ini masih terisolir di akses jalur darat," sebutnya dalam keterangan persnya.

Mengutip laporan data BNPB periode 11 Juni 2019 ada 1.598 KK atau 5.703 jiwa yang terdampak dari 42 Desa dan 3 Kelurahan di 6 Kecamatan tersebut. Sedangkan di Kecamatan Wiwirano terdapat 3 Desa yang masih dalam proses pendataan.

Dari segi bangunan, terdata 1.396 unit rumah, 28 Gedung Sekolah, 2 kantor desa, dan 2 Gedung Balai Desa terendam oleh air dan lumpur. Selain itu ada 202 unit rumah hanyut oleh banjir.

Maizar juga menambahkan, terdapat 4 jembatan dan 1 ruas jalan trans Sulawesi rusak. Sehingga tidak dapat diakses oleh masyarakat.

"Saat ini kondisi air di Konawe Utara secara umum sudah mulai surut, namun belum dapat diakses dengan mudah," sebutnya.

Hal ini kata Maizar, lantaran masih terendam lumpur. Dari pos Dompet Dhuafa menuju ke sejumlah titik bencana membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam melalui jalur Meluhu.

“Kondisi Kecamatan Asera, Konawe Utara, air sudah surut, akses jembatan terputus. Satu-satunya akses hanya bisa dilalui menggunakan motor atau jalan kaki,” terang Maizar.

Kebutuhan darurat bagi para pengungsi saat ini berupa makanan, air bersih, pakaian dan obat-obatan. Hingga berita ini diturunkan, masih banyak kebutuhan dasar dan mendesak belum terpenuhi bagi masyarakat terdampak banjir Konawe dan Samarinda. Mari bersama, gaungkan semangat #JanganTakutBerbagi untuk membantu saudara sesama terdampak banjir bersama Dompet Dhuafa.

Anda dapat menyalurkan bantuan melalui rekening 101.000.647.5733 (Mandiri), 340.350.666.5 (BNI Syariah), dan 237.304.7171 (BCA). Seberapa pun kebaikan yang Anda gulirkan, akan sangat membantu kondisi saudara kita di Konawe dan Samarinda.

Yuk berikan donasi terbaik. [jwt/rilisDD]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
banjir samarinda
dompet dhuafa
 
BERITA LAINNYA
 
 
BERITA
07 April 2018 14:34:49

Dahsyatnya Ghazwul Fikri


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284