ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 25 April 2019 | 19 Sya’ban 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
BERITA

Bincang Komunitas Rumah Pencerah, Fery Farhati Bagikan Kiat Membangun Keluarga

15 April 2019 22:48:49
Bincang Komunitas Rumah Pencerah, Fery Farhati Bagikan Kiat Membangun Keluarga
Bincang Komunitas Rumah Pencerah, Fery Farhati Bagikan Kiat Membangun Keluarga

ChanelMuslim.com – Untuk pertama kalinya, Komunitas Rumah Pencerah (KRP) menggelar Bincang KRP bertajuk ‘Merancang Keluarga Masa Depan’. Dua sosok ibu penggerak yang hadir sebagai pembicara adalah Fery Farhati, seorang parent educator yang juga Istri Gubernur DKI Jakarta dan Puty Karina Puar, Ibu Muda yang berprofesi sebagai ilustrator, blogger dan penulis. Bertempat di Ruang Komunal Facebook Indonesia, One Pacific Place, Jakarta, kali ini KRP berupaya mengajak generasi muda untuk  mempersiapkan diri dalam membangun keluarga masa depan.

Keluarga adalah unit terkecil dari tatanan masyarakat. Data yang dikeluarkan BPS tahun 2018, menunjukkan bahwa keharmonisan keluarga menempati indeks 80.05, tertinggi jika dibandingkan dengan 19 indikator penyusun indeks kebahagiaan lainnya. Sebagai unit terkecil dalam tatanan masyarakat, data tersebut menunjukkan bahwa keluarga punya peranan penting dalam kehidupan dan pembangunan sumber daya manusia.

Fery Farhati, sebagai pembicara pertama Bincang KRP menyampaikan pentingnya membangun visi keluarga.

“Tidak hanya didasari oleh kecenderungan perasaan terhadap pasangan, membangun keluarga juga perlu persiapan yang matang. Banyak aspek yang harus dipertimbangkan agar kelak keluarga kita memiliki lingkungan yang baik untuk tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat.”

Fery juga menambahkan, “Prinsip yang selalu kami pegang di dalam keluarga adalah intellectually grow, financially sound, dan socially impactful. Sosok Ibu, sebagai penggerak di dalam rumah tangga juga harus punya dampak untuk lingkungan. Interaksi positif yang kita bangun dengan lingkungan sekitar akan membuat keluarga kita menjadi lebih luwes, mudah beradaptasi, dan memiliki ketahanan yang baik ketika dihadapkan pada masalah."

Jika pembicara pertama bicara tentang pentingnya membangun visi keluarga, Pembicara kedua Bincang KRP, Puty Karina Puar membagikan kiat menjaga keseimbangan peran bagi ibu yang memilih bekerja dari rumah.

“Setuju dengan yang dikatakan oleh Ibu Fery, penting sekali untuk berpikir ke depan dan memiliki visi yang disepakati di keluarga untuk menjadi dasar kita dalam membagi waktu, fokus dan energi."

Puty juga menambahkan, “Keseimbangan bukan dilihat berdasarkan hitungan jam kita bekerja dan hitungan jam saat mengurusi keluarga, seperti hal ini adalah sebuah hal yang statis dan ada formulanya. Lebih dari itu, yang terjadi sebenarnya adalah kesimbangan tersebut merupakan sesuatu hal yang dinamis, karena bukan hanya diukur dari waktu tetapi bagaimana kita bisa membagi fokus, energi, dan atensi kepada apa yang ingin kita curahkan."

Acara terus berlanjut hingga sesi tanya jawab yang diikuti seluruh peserta dengan antusias. Sebagai bentuk ajakan agar generasi muda membangun keluarga yang juga mencintai bumi, Fery Farhati membagikan Kotak #AksiHidupBaik kepada beberapa peserta. Uniknya, kotak tersebut berisikan beberapa produk seperti sabun organik, scarf ecoprint, sedotan stainless, botol minum, dan beberapa produk lainnya yang ramah lingkungan. Fery berharap, akan lahir keluarga-keluarga masa depan yang selalu melibatkan keberlangsungan alam dalam pengambilan keputusan di keluarga. Bincang KRP kali ini terselenggara sebagai rangkaian acara menuju Ibu Ibukota Award di penghujung tahun 2019.

Tentang Komunitas Rumah Pencerah

Komunitas Rumah Pencerah (KRP) berdedikasi untuk meningkatkan kualitas pengasuhan dan pendidikan orangtua serta anak usia dini di Indonesia. Kegiatan KRP meliputi penyelenggaraan lokakarya, seminar, dan pelatihan untuk orangtua, guru PAUD maupun masyarakat. Komunitas yang didirikan pada akhir tahun 2014 kini mulai aktif membuat buku, permainan, dan modul sebagai sarana untuk orangtua dan masyarakat belajar berbagai teknik pengasuhan positif. Sejak berdiri hingga kini, KRP telah bekerja sama dengan beberapa pihak mulai dari lembaga pemerintah, swasta, yayasan hingga asosiasi profesi untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan keayahbundaan. Informasi lebih lanjut tentang KRP dapat mengunjungi akun instagram @rumahpencerah.

Tentang Ibu Ibukota Award

Ibu Ibukota Award hadir untuk memberikan apresiasi kepada sosok perempuan penggerak yang selama ini bekerja dalam sunyi untuk memastikan kebahagiaan keluarga-keluarga Ibukota. Ibu Ibukota adalah gelar yang disematkan bagi sosok perempuan penggerak di DKI Jakarta. Mereka adalah penggerak yang melakukan #AksiHidupBaik dengan memberikan perhatian sukarela dalam bidang pemberdayaan kesejahteraan keluarga, kesehatan, kelestarian lingkungan, pengembangan kerajinan, dan pendidikan orang tua serta anak usia dini. Akan digelar pada akhir tahun 2019, Ibu Ibukota Award ingin mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk menjadi sosok Ibu Ibukota dan ikut terlibat dalam menghadirkan sisi lain Jakarta yang humanis dan harmonis.[ind/rilis]

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
bincang komunitas rumah pencerah
fery farhati bagikan kiat membangun keluarga
 
BERITA LAINNYA
 
 
BERITA
29 January 2018 03:28:07

Bagaimana Bunda Mengelola Keuangan?

 
BERITA
31 May 2018 14:10:57

From Style to Lifestyle



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284