ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 25 Agustus 2019 | 24 Zulhijjah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
BERITA

Ajak Umat Berzakat Jelang Ramadan, Dick Doank Berikan Pesan Penting

25 April 2019 10:45:29
Dompet Dhuafa, Dick Doank, Zakat
Dick Doack saat menjadi Master of Ceremony di acara Dompet Dhuafa Jangan Takut Berzakat. (foto : Syarifah Zahrina Firda)

ChanelMuslim.com – Jelang Ramadan, Dick Doank ajak umat untuk saling berbagi melalui zakat, infak dan sedekah. Ada pesan penting yang seharusnya bisa diamalkan oleh masyarakat khususnya umat Islam. Menurut public figure yang telah berhijrah ini, puasa saat bulan Ramadan memang baik. Namun, saat berpuasa, lupa bahkan sengaja melalaikan orang-orang tak mampu sungguh menjadi tidak benar.

“Jadi gini puasa itu baik, tapi jika kita puasa dan melalaikan rasanya orang yang tidak makan, orang yang susah dan tidak bisa mendapatkan apa yang dia dapat dan kita dapat, itu jadi omong kosong,” ujar Dick Doank saat ditemui acara Dompet Dhuafa di kawasan Jakarta, Rabu (24/04).

Bagi pria kelahiran 1968 ini, zakat yang ada formulanya sesuai 2.5% dan sangat penting untuk umat bisa dianalogikan lewat 5 jari dengan urutan rukun Islam. Jempol menandakan rukun Islam pertama yang berarti mengucapkan syahadat. Telunjuk dianalogikan dengan rukun Islam kedua berupa mendirikan solat.

Jari tengah menunjukan rukun Islam ketiga yaitu membayar zakat. Jari manis menyesuaikan rukun Islam keempat berupa puasa di bulan Ramadan. Terakhir, kelingking dianalogikan seperti rukun Islam kelima yang artinya menunaikan ibadah haji jika mampu.

“Zakat rukun Islam ketiga di jari tengah artinya ketika dibagi dua, dari kiri atau kanan ada porsi 2.5 % masyarakat Islam harus mengeluarkan zakatnya. Terus, jari tengah terlihat paling tinggi dan memang benar adanya, ini tandanya umat harus mementingkan zakat dari sisi sosial,” tambahnya.

Ketika puasa tetap harus sedekah dan zakat. Ia merasakan, misalnya uang yang dikeluarkan satu juta, tetapi yang ia dapatkan kembali bisa lebih dari jumlah uang tersebut.

Bagi pria kelahiran 1968 ini, ketika ikhlas justru pengeluaran zakat 2.5% itu menjadi tidak ada nilainya. Dick Doank melihat bahwa memberi itu menjadikan adanya kebahagiaan tersendiri, sehingga berzakat tidak ada perhitungan kepada Allah.

Kebahagiaan hakiki itu bukan hal yang sementara, pria pemilik Kandang Jurank ini telah merasakan sejak lama dan melalui proses panjang.

Selain itu, Dick Doank juga memberikan komentar bagi orang-orang yang sering menggunakan smartphone khususnya generasi milenial.

Di era canggih saat ini, umat Islam sudah saatnya melakukan keseimbangan dalam hidup. Ada saatnya harus berbagi dan memberi, ada sisi lain yang harus dipedulikan yaitu nurani.

“Kalau kamu menjalankan hidup dengan naluri saja, maka kamu seperti binatang, di sebrang sana di luar hp kamu, ada yg mmbutuhkanmu. Ayo jangan liat hp aja, liat orang yang membutuhkan kita, bahkan kita bisa membantu dengan cara mudah melalui berzakat di aplikasi online,” pungkasnya. [firda]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
dompet dhuafa
dick doank
zakat
 
BERITA LAINNYA
 
 
BERITA
04 June 2018 12:06:09

Kegiatan Positif Ramadan Anak ala Ummu Balqis

 
BERITA
12 October 2017 12:12:15

60 Desainer Ramaikan IMFW 2017

Muslim Life Festival
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284