ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 21 Agustus 2019 | 20 Zulhijjah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
BERITA

1300 Jamaah Haji Gelombang 1 Diberangkatkan Menuju Makkah

15 July 2019 05:39:09
Haji 2019, Suhu Musim Haji, kabar haji terkini, kabar haji terbaru,
Jamaah Haji (Foto: haji.kemenag)

ChanelMuslim.com - Sekitar 1300 jemaah haji di Madinah diberangkatkan ke Makkah pada hari Ahad (14/7) kemarin untuk melaksanakan umrah dan puncak haji. Untuk jemaah yang sakit akan dilakukan evakuasi tersendiri. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Akhmad Jauhari di Kantor Urusan Haji, Madinah.

‘’Besok (Ahad) ada 3 kloter (sekitar 1300 jemaah) diberangkatkan tanggal (14/07) SUB (Surabaya) 1 , BTH (Batam) 1 dan 2, hari berikutnya pasti bertambah terus sesuai batas masa tinggal jemaah di Madinah,’’ jelas Akhmad Jauhari dalam siaran pers Media Center Haji di laman haji.kemenag.

Akhmad Jauhari menyebutkan, bahwa untuk jemaah haji yang sakit atau sedang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan Rumah Sakit tidak akan diberangkatkan bersama dengan rombongan.

‘’Kecuali bila secara medis jemaah tersebut mampu melakukan perjalanan jauh. Mengingat, jarak Madinah ke Makkah yang cukup jauh sekitar 400 km lebih yang akan ditempuh dalam waktu 6 sampai dengan 7 jam. Kondisi jemaah haji menjadi perhatian, dan akan dilakukan evakuasi tersendiri terhadap jemaah yang sakit tersebut,’’ ungkapnya.

Dia menambahkan, bahwa untuk pemberangkatan akan dimulai pada pukul 14.00 waktu Arab Saudi, dan jemaah tiba di Mekah sekitar pukul 20.00 waktu Arab Saudi.

Akhmad Jauhari menyebutkan, bahwa dokumen para jemaah sudah lengkap, sebagai persyaratan mutlak saat jemaah diberangkatkan dari Madinah menuju Makkah.

Pihaknya, telah berkoordinasi dengan muassasah adila (lembaga di bawah naungan kementerian haji Arab Saudi di Madinah), untuk pengecekan dokumen guna memastikan setiap kloter (450 jemaah ) yang akan diberangkatkan ke Madinah ke Mekah seluruh dokumennya lengkap.

‘’Alhamdulillah untuk pemberangkatan hari ini sampai dengan tiga hari ke depan, seluruh dokumen sudah dilakukan pengecekan, baik oleh petugas PPIH Arab Saudi daker Madinah, maupun ketua kloter masing-masing yang akan diberangkatkan,’’, sebutnya.

Menyinggung soal kesiapan transportasi untuk mengangkut jemaah, Daerah kerja Madinah, kata dia, telah berkoordinasi dengan pihak Naqabah Ammah Lis-Sayyarad (organda Arab Saudi), dan Muassasah Adila (lembaga di bawah naungan kementerian haji Arab Saudi di Madinah) untuk meminta armada yang akan digunakan saat pemberangkatan jemaah Madinah ke Makkah.

‘’Karena ada pembatasan jumlah tertentu pada jam-jam tertentu, oleh karena itu, koordinasi ini harus dilakukan sejak awal, sehingga jumlah jemaah yang akan kita berangkatkan itu masih bisa tercover sesuai dengan batasan kuota yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi. ‘’ katanya lagi.

Pihaknya, terus melakukan persiapan dan koordinasi, termasuk dengan memberlakukan pos atau sector Bir Ali di kawasan Dzul Hulaifa sebagai tempat transit jemaah saat pergerakan dari Madinah ke Mekah. Masjid Bir Ali merupakan miqat (tempat niat berihram) sebelum berangkat ke Makkah.

Jemaah akan diistirahatkan di Masjid Bir Ali untuk persiapan awal proses ibadah umrahnya menuju Makkah. Jemaah akan melakukan solat sunah, niat umrah. Sekaligus, petugas melakukan pengecekan terakhir apakah syarat-syarat terkait ibadah umrah sudah dipenuhi jemaah.

Untuk hal ini, lanjutnya, karena kapasitas Masjid Bir Ali di kawasan Dzul Hulaifa terbatas, sehingga kebijakan daker Madina menetapkan proses persiapan menggunakan kain ihram bagi jemaah dilakukan di hotel, sebelum berangkat menuju Dzul Hulaifa. Sehingga, ketika sampai Dzul Hulaifa, jemaah tinggal melakukan solat sunah dan kemudian diberangkatkan ke Makkah

Sementara itu, kemarin, dikeluarkan Surat Edaran Kantor Urusan Haji RI Daker Madinah berisi himbauan kepada para jemaah haji yang akan diberangkatkan ke Mekah hari ini, agar tidak membawa barang secara berlebihan. Disebutkan, bahwa barang yang akan diangkut dalam proses keberangkatan adalah koper besar, tas kabin, dan kursi roda. Selain barang tersebut tidak akan diangkut.

1300 Jamaah Haji  Gelombang 1 Diberangkatkan Menuju Makkah

Sebelumnya, Kepala Seksi Transportasi Madinah Fitsa Baharuddin, juga telah mengingatkan, agar jemaah haji tidak membawa barang-barang yang berlebihan. Karena, dikhawatirkan kapasitas bus tidak cukup.

Menurut dia, bus yang digunakan berkapasitas maksimal 50 penumpang. Dan dalam satu rombongan jumlahnya berkisar antara 46 hingga 50 orang. Kapasitas bagasi bus terbatas sehingga jemaah diminta tidak membawa barang-barang berlebih. Biasanya bawaan jemaah bertambah karena membawa oleh-oleh atau suvenir dari Madinah. Untuk jemaah gelombang pertama, kata dia,bisa membeli oleh-oleh di Mekkah.

"Biasanya bagasi overload, kapasitas bus di bagasi sangat terbatas. Isinya oleh-oleh, kemudian ada yang bawa perlengkapan alat masak, itu yang jadi over bagasi," kata Fitsa.

Sekitar 94.550 jemaah haji dan petugas termasuk dalam gelombang pertama yang akan berada di Madinah. Mereka terdiri dari 229 kloter yang datang ke Madinah rata-rata 14-18 kloter per harinya.

Semoga Allah mudahkan seluruh jamaah haji dan petugas beribadah dan bertugas [red/rilis]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
haji 2019
suhu musim haji
kabar haji terkini
kabar haji terbaru
 
BERITA LAINNYA
 
 
BERITA
21 March 2019 09:58:00

Fitnah Partai Ka'bah dan Sosok Kementerian Agama

 
BERITA
09 August 2017 06:00:11

Yuk Wisata Tekhnologi Ke Habibie Festival 2017

 
BERITA
12 March 2018 08:33:19

Airu Mimika Club Papua Gelar Youth Camp

Muslim Life Festival
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284